Don't miss

Rabu, 30 Mei 2012

Biografi James Watt Biodata Penemu mesin Uap


By on 03.22

Terima kasih semoga Biografi Biodata dan Profil James Watt Biodata Penemu mesin Uap dapat menambah ilmu anda dan pengetahuan kita semua. disini Blog tempatnya mengenal Tokoh dan Orang terkenal Di dunia mencoba untuk share tentang Ilmuan James Watt Penemu mesin Uap. sebagian dari kita tentunya sudah banyak mengenal James Wattdari buku atau dari sekolah saat belajar. nahh untuk lebih mengetahui sipakan dia dan apa saja yang James Watt lakukan saat semasa hidupnya dengan temuantemuannya mari kita sedikit menulasnya disini.

Nama : James Watt
TTL : Greenock, Skotlandia / 19 Januari 1736
Wafat : Birmingham, Inggris / 19 Agustus 1819

James Watt ialah seorang insinyur besar dari tanah Skotlandia. Ia termasuk orang yang mudah & sering terkena penyakit. Sehingga ibunya seringkali kebingungan ketika Watt sakit berat. Ia mulai tertarik dengan mesin uap pada tahun 1764. Pada saat itu ia sedang membetulkan mesin buatan Newcomen. Mesin buatan Newcomen memang kurang efisien. Sehingga muncul niat & keinginan dalam diri Watt untuk membuat mesin uap yang lebih efisien dan praktis.


Pada tahun 1769, ia berhasil mematenkan penambahan ruang terpisah yang diperkokoh. Selain itu ia juga berhasil membuat isolasi pemisah untuk mencegah menghilangnya panas pada silinder uap. Lalu pada tahun 1782 ia berhasil menemukan mesin ganda. Beberapa penemuan dari Watt semakin mempermudah kerja mesin uap.

Pada tahun 1781, Watt berhasil membuat seperangkat gerigi untuk mengubah gerak balik mesin sehingga menjadi gerak berputar.  Pada tahun 1788 Watt berhasil membuat pengontrol gaya gerak melingkar otomatis yang menyebabkan kecepatan mesin dapat secara otomatis diawasi. Watt juga membuat alat penghitung kecepatan, alat pengukur bertekanan, alat petunjuk, dan alat pengontrol uap. Mesin uap yang dirancang oleh Watt semakin praktis dan efisien. Permintaan penggunaan mesin uap semakin membanjir setelah Watt menemukan alat-alat tersebut.



Mesin Uap
Lalu bersama Matthew Boulton, seorang pengusaha Watt semakin sibuk mengurusi permintaan mesin uap oleh banyak perusahaan di eropa. Watt menjadi kaya raya karena banyaknya order pembuatan mesin uap tersebut. Revolusi Industri berlangsung hampir bebarengan bersama Revolusi Amerika Serikat dan Revolusi Prancis.


Biodata Howard Carter Penemu Makam Firaun Dr Fujio Masuoka Penemu Flashdisk Isaac Newton Fisikawan Dunia

Blog Nagari Jaho

Blog pertama yang dikelola secara profesional yang khusus menyajikan informasi tentang Nagari Jaho.

0 komentar:

Posting Komentar

bola