Don't miss

Senin, 14 Mei 2012

Biografi Yos Sudarso Pahlawan nasional


By on 10.36

Biografi Biodata dan Profil Yos Sudarso Pahlawan nasional  Sekedar share untuk menambah Ilmu pengetahuan Kita mengenai siapa saja pahlawan yang telah berjara memerdekakan bangsa Indonesia sampai saat ini, Kali ini dengan Biodata Yos Sudarso Pahlawan nasional. untuk lebih tahu dan lebih untuk mengenalnya silahkan SImak Profil Yos Sudarso Pahlawan nasional. tapi tidak ada informasi yang panjang mengenai dirinya.

Nama Yos Sudarso sangat lekat dalam ingatan bangsa Indonesia dalam perjuangan merebut Irian Barat dari Tangan penjajah Belanda. Pasca perundingan KMB Irian Barat masih di bawah kolonialisme Belanda. Sebagai wilayah yang masuk dalam nusantara, Irian Barat diperjuangkan mati-matian oleh bangsa Indonesia baik melalui diplomasi maupun konfrontasi politik, ekonomi dan militer. Puncak perebutan Irian Barat melalui perintah Presiden Soekarno dalam pidatonya yang terkenal dengan sebutan Trikora (tri komando rakyat). Tindak lanjut dari Trikora adalah pembentukan komando Mandala dan konfrontasi militer. Dalam konfrontasi militer di Laut Arafuru, Laksamana Madya Yis Sudarso gugur setelah KRI Macan Tutul di bombardir Belanda.

Laksamana Madya Yosaphat Soedarso (lahir di Salatiga, Jawa Tengah, 24 November 1925 � meninggal di Laut Aru, 13 Januari 1962 pada umur 36 tahun) adalah seorang pahlawan nasional Indonesia. Ia gugur di atas KRI Macan Tutul dalam pertempuran Laut Aru melawan armada Belanda pada masa kampanye Trikora. Hal yang kurang lazim adalah, sebagai seorang Kepala Staff Angkatan Laut tidak seharusnya ia ikut terjun langsung di dalam operasi tersebut. Namanya kini diabadikan pada sebuah KRI dan pulau.

Yos Soedarso menikah dengan Siti Kustini (1935-2006) pada tahun 1955 dan meninggalkan lima orang anak.

referensi:
hanggini purinda retto febby rastanty biodata jessica iskandar profil robert pattinson fame boyband biodata hanggini purinda retto personil big bang biografi sastrawan indonesia

Blog Nagari Jaho

Blog pertama yang dikelola secara profesional yang khusus menyajikan informasi tentang Nagari Jaho.

0 komentar:

Posting Komentar

bola